BENCHMARKING KE BEST PRACTICE DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT III BPSDM KEMENTRIAN DALAM NEGERI RI

Tanggal: 20 Agustus 2018
Kategori: Kepegawaian

     Acara Benchmarking Ke Best Practice Diklat Kepemimpinan Tingkat III Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementrian Dalam Negeri RI di Kabupaten Gresik dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Agustus 2018 di Ruang Grahita Eka Praja Kantor Bupati Gresik Lantai II pada pukul 09.00 WIB. Peserta berjumlah 30 orang dengan 7 orang pendamping yang dimpimpin oleh Erliana Budi Lestari, M.Si (Plt Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepemimpinan).

     Menurut pimpinan rombongan, pemilihan Kabupaten Gresik sebagai tempat benchmarking to the best practice karena ada beberapa penghargaan inovasi yang telah diraih. Dengan adanya kerjasama antara peserta, panitia dan Pemerintah Kabupaten Gresik sebagai lokasi benchmarking maka output yang diharapkan dapat lebih maksimal untuk pengembangan kompetensi taktikal eselon III di lingkungan kerja masing-masing. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri no 85 tahun 2017 tentang Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bahwa mulai tanggal 1 Juli 2018 setiap PNS wajib memiliki kompetensi teknis, manajerial, sosio kultural dan pemerintahan sehingga Erliana Budi Lestari berharap tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Gresik menganggarkan pelaksanaan diklatpim pemdagri sebagai pertimbangan promosi dalam rangka memenuhi kompetensi pemerintahan.

     Rombongan benchmarking to the best practice diterima langsung oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto. Beliau berterima kasih karena telah memilih Kabupaten Gresik sebagai lokasi kunjungan. Selanjutnya Bupati Gresik memberikan gambaran umum tentang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Kesehatan dan Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu yang merupakan lokus dari kegiatan ini. Jiipe, bendung gerak sembayat, RSUD Umar Mas'ud di Pulau Bawean, RSUD Ibnu Sina yang terdiri dari 5 lantai, Wahana Ekspresi Pusponegoro, Stadion Joko Samudra adalah sebagian pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah  Kabupaten Gresik.

     "Walaupun Kabupaten Gresik tidak sempurna tetapi apabila dianggap baik bisa diambil manfaatnya. Mudah-mudahan silaturahim tetap terjalin dan mohon maaf bila ada kekurangan." Harapan Bupati Gresik mengakhiri sambutan beliau pada acara tersebut. (/Ze)