Senin, 21 Oktober 2019 Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gresik menyelenggarakan pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Pemerintah Kabupaten Gresik Tahun 2019 dengan jumlah peserta 120 orang yang terdiri dari tenaga Pendidikan sejumlah 70 orang, tenaga Kesehatan sejumlah 25 orang dan tenaga Teknis sejumlah 25 orang. Pelatihan Dasar CPNS dilaksanakan mulai tanggal 21 Oktober  sampai dengan 11 Desember 2019 di Azana Saptanawa Resort. Maksud dan tujuan diselenggarakan acara ini adalah sebagai salah satu persyaratan pengangkatan CPNS menjadi PNS.

         Untuk tenaga pengajar, BKD Kabupaten Gresik bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, KODIM 0817 Gresik, POLRES Gresik dan dari Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik. Untuk tenaga pendamping Latsar CPNS berasal dari Pusdik Brimob Watukusek Mojokerto. Dengan Metode pengajaran adalah Klasikal yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan tatap muka di kelas dan Non Klasikal yaitu pembelajaran yang dilakukan melalui bimbingan di tempat kerja.

          Acara ini hadir Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Managerial BPSDM Provinsi Jatim Bapak Moch. Suluh, SH, M.Si dalam sambutannya beliau memberikan ucapan selamat kepada CPNS karena akan mengikuti Latsar CPNS dan peserta akan mengaktualisasikan inovasinya untuk pembiasaan di lingkungan kerja. Pelatihan selama 51 hari peserta harus menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran agar  lulus dan mendapatkan hasil yang baik. Acara Pelatihan Dasar CPNS ini dibuka oleh wakil Bupati Gresik Bapak Dr. H. MOH. QOSIM, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa PNS harus berintegritas, jujur dan tanpa pamrih untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Perbedaan di masyarakat adalah berkah sehingga ASN harus senantiasa menghormati segala perbedaan yang ada untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, disamping itu ASN juga harus dapat menjaga Rahasia Negara dan Rahasia Jabatan.