Untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang pengadaan barang/jasa Pemerintah dikarenakan telah disahkannya Peraturan Presiden no 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah maka pada hari Rabu tanggal 8 Agustus 2018 telah diseleggarakan Pendidikan dan Pelatihan Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan Pemerintah Kabupaen Gresik yang bertempat di Ruang Argo Lengis lantai IV Kantor Bupati Gresik. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan peserta sejumlah 30 orang yang dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 16 Agustus 2018 dengan narasumber dari widyaiswara Badan Diklat Propinsi Jawa Timur,  widyaiswara Balai Diklat PUPR wilayah VI Surabaya dan Pejabat Pemerintah Kabupaten Gresik.Pada kesempatan ini hadir Asisten Administrasi Umum Bapak Tursilowanto Hariogi, S.IP, MM dan Kepala Bidang Diklat Kompetensi Teknis Badan Diklat Provinsi Jatim, Ibu Nawang Ardiani, S.H., M.Si. Dalam sambutannya Kepala Bidang Diklat Kompetensi Teknis Badan Diklat Provinsi Jatim menginformasikan bahwa dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden no 16 Tahun 2018 maka ada 3 perubahan mendasar yaitu PPHP adalah Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan, serah terima hasil pekerjaan dilaksanakan oleh penyedia dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), serta tugas dari PPHP adalah pemeriksa administratif pengadaan barang/jasa. Harapan beliau peserta dapat mengikuti diklat sampai akhir dan dapat memanfaatkan waktu untuk berdiskusi dengan para narasumber secara maksimal. Dalam sambutannya Bapak Asisten Administrasi Umum berpesan kepada peserta agar memanfaatkan diklat ini dengan sebaik-baiknya dengan menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari para widyaiswara.